Pages

Minecraft


Apaan sih Minecraft?

Minecraft adalah game jenis sandbox paling populer saat ini yang mengawali debutnya Mei 2009 dan mulai populer atau mulai jadi omongan di 2010. Ya, Minecraft boleh dibilang game indie paling populer di 2010, sampai sekarang. Game indie artinya game yang dibuat oleh perorangan atau oleh game developer kecil, bukan game developer atau perusahaan game besar. Minecraft awalnya dibikin oleh Markus Perrson alias Notch, orang Swedia. Minecraft sekarang dikembangkan dan diterbitkan oleh Mojang, perusahaan game yang didirikan oleh Notch yang berbasis di Stockholm, Swedia. September 2014 ketika game ini sudah sangat populer dan terjual 54 juta copy (itu yang beli original belum termasuk yang main pakai bajakan), Microsoft membeli Minecraft seharga 2,5 milyar USD. Game jenis sandbox apaan sih? Game sandbox itu jenis game dimana pemain berada di sebuah dunia virtual yang dibuat secara random (acak) setiap kali game dijalankan dan pemain bebas kemana aja dan melakukan apa aja di dalam dunia itu. Di Minecraft ini misalnya, semua objek termasuk tanah atau batu yang kita pijak bisa ditambang (dibongkar) lalu bisa kita susun menjadi bangunan misalnya, atau dilebur menjadi benda lain. Begitu juga pohon, hewan-hewan, dan lain-lain semua bisa "dibongkar" dan berguna di dalam permainan. Game kayak gini bisa panjang dan lama dimainkan tapi bisa juga sebentar kalo si pemain mau melakukan hal sederhana aja selama bertahan di dunia Minecraft. Kira-kira gitu deh. :) Gak ada tujuan jelas game ini harus dimainkan bagaimana, sampai dimana, bebas, yang penting pemain bisa bertahan hidup di dunia Minecraft kalo main di mode Survival. "No rules to follow. This adventure is up to you," begitu katanya.



Di balik kesederhanaan tampilan grafisnya yang blocky, Minecraft menyajikan gameplay yang panjang dan dalam. Menjelajah kesana kemari, menebang pohon, menambang batu, tanah, pasir, membuat ini-itu, membangun bangunan-bangunan apa aja yang ada di kepala loe, sambil terus bisa bertahan nggak kelaparan dan nggak tewas oleh monster. Ya, "survive and thrive," kata Paul Soares Jr. Bertahan dan Berjaya.

Oya, Minecraft juga bisa jadi sarana penyaluran ide-ide kreatif loe dalam merancang bangunan misalnya atau bentuk-bentuk unik. Main aja di mode "Creative". Di mode creative gak perlu mencari bahan-bahan yang diperlukan, gak ada monster, gak pernah lapar. :) Rancang sesuatu yang keren ya dan pajang di sini. Main di mode survival juga gak menghalangi loe buat bikin rumah keren, sistem otomatisasi red stone yang berguna, sambil tetap merancang strategi yang efisien dalam memenuhi kebutuhan makanan dan persenjataan buat melawan monster.

Lebih jelasnya silakan baca di sini.


Kalo belom punya gamenya, donlot dulu versi 1.9.2 di bawah ini. Udah dicrack. Santai.. :) Kalo udah keluar versi yang lebih baru nanti diganti ke versi terbaru. Versi 1.9.2 adalah versi terbaru yg dirilis Mei 2016. Ini Minecraft yg sudah di-crack jadi untuk bermain multiplayer harus di cracked server. Kalo mau main multiplayer di server "biasa" maka ente harus beli lisensi asli Minecraft alias beli Minecraft secara legal. :)

Download Minecraft 1.10.0 (kalo ada internet, otomatis diupdate ke versi 1.10.2 saat dimainkan).

Wow! Dari versi 1.6.4 langsung versi 1.7.2. Kayaknya banyak penambahan nih. Apa aja yang baru di versi 1.7.2? Banyak juga, misalnya sekarang ada penambahan biome atau lingkungan baru yaitu Mesa, Mega Taiga, Roofed Forest, Birch Forest, Savanna, Extreme Hills+, Deep Ocean, Snowless Taiga. Ada 2 jenis pohon kayu baru yaitu Acacia dan Old Oak, material baru: Stained Glass, Packed Ice, Red Sand, Podzol. Ada tambahan beberapa jenis bunga, jenis ikan baru, alat pancing sekarang bisa dikasih mantra (enchanted), bunga Rose dan Herobrine udah gak ada, memancing sekarang lebih menarik, penempatan biome ditingkatkan dan laut sekarang lebih kecil, pintu masuk (Portal) ke Nether sekarang punya bentuk lain, resource pack sekarang bisa dipaket dengan efek suara, ada beberapa "achievement" baru, layar "achievement" sekarang bisa di-zoom, sekarang beberapa resource pack bisa di-load sekaligus, dan beberapa lagi peningkatan.

Sejak versi 1.8.0 keluar, banyak sekali update di Minecraft seperti penambahan item-item baru dalam game misalnya ada kelinci yang dapat dijinakkan dengan wortel dan dandelion.

Akhirnya versi 1.9.0 keluar juga. Versi ini disebut juga Combat Update karena banyak update seputar pertempuran. Ada beberapa update hal baru di versi baru ini misalnya ada anak panah baru, ada perisai (jadi misalnya tangan kanan pegang pedang, tangan kiri pegang perisai), kapak sekarang bisa jadi senjata seperti pedang namun lebih lambat ayunannya, dan lain-lain. Baca lengkapnya di sini.

Jangan lupa install Java Runtime Environment (JRE) terbaru. Donlot aja di sini. Kalo kamu pake Windows 64-bit, install JRE-nya yang 64-bit juga ya. Minecraft dibikin pake Java jadi harus ada Java di kompi loe.



Oya, kalo kompi kamu rada jadul en game jadi lambat alias "nge-lag", coba turunin "Video Settings" di "Options". Graphics: Fast, Smooth Lighting: OFF, Particles: Minimal, Render Distance: Short, Advanced OpenGL: OFF. Kalo perlu Clouds: OFF. Grafis emang jadi kurang sip tapi mau dikata apa kalo kompi kamu gak kuat. Baca ini mungkin membantu.

Buat gambaran supaya lebih jelas game ini kayak gimana, lihat video tutorial pengantar di bawah ini yang dibuat oleh Bob Mills:


Bingung mainnya gimana? Harus ngapain setelah muncul di dunia Minecraft? Hehe..jangan kuatir, banyak tutorialnya kok.

Banyak yang bikin tutorial atau semacam walkthrough di youtube. Gue rekomendasi loe lihat video tutorial yang dibuat oleh Paulsoaresjr dan MineraftLabDotCom di Youtube. Di bawah ini 10 video awal dari seri tutorial "Survive and Thrive" yang dibuat oleh Paul Soares Jr yang bagus buat pemula. Silakan lihat kelanjutan videonya di youtube. Masih banyak. Di pencarian Youtube ketik aja: "minecraft tutorials paulsoaresjr".

Oya, tutorial yang dibikin paulsoaresjr ini bukan berarti harus kayak gini memainkan Minecraft di mode survival karena Minecraft bisa dimainkan dengan banyak cara dan setiap orang bisa beda-beda, tapi paling gak ini bisa memberikan panduan yang jelas ketimbang cuma baca help-nya doang di minecraftwiki. :)

#1 - How to Survive Your First Night (bertahan di malam pertama)

#2 - Mining and Smelting Iron (menambang dan melebur besi)

#3 - Door, Shears, Bed (pintu, alat pencukur bulu domba, ranjang)

#4 - Hunger, Food, Cooking (lapar, makanan, memasak)

#5 - Armor and Damage (pakaian pelindung dan terluka)

#6 - Weapon, Combat, Experience (senjata, melawan monster, pengalaman)

#7 - Exploring and Beacons (menjelajah dan membuat menara suar sebagai patokan)


#8 - Wheat Farm (ladang gandum)

#9 - Fences and Gates (pagar dan pintu pagar)

#10 - Chicken Farm, Fishing (peternakan ayam, memancing)

Sebaiknya semua video tutorial dari Paulsoaresjr didonlot aja dulu trus dilihat offline. Lebih nyaman. Burning ke DVD paling perlu 2 keping. Donlot video dari Youtube yang enak pake apa? Pake aja YTD Video Downloader, yang versi Basic aja yang gratis udah cukup kalo buat donlot video Youtube aja sih. Gue rekomendasi lihat videonya pake VLC Media Player karena suara bisa dibesarin bahkan sampe 200%, ini berguna buat yg dengerin pake headset dan di 100% kadang suara masih kecil. Selain seri "Minecraft Tutorials", boleh lihat juga videonya Paul seri "Minecraft Adventure". Di video ini kita bisa lihat bagaimana Paul main Minecraft dari awal sampai udah bikin apaan aja deh. Di seri "Minecraft Adventure" dia gak jelasin lagi setiap melakukan sesuatu karena udah dijelasin di seri "Minecraft Tutorials".

Di bawah ini 5 video awal dari seri tutorial oleh minecraftlabdotcom. Bagus juga sebagai info tambahan dan perspektif yang berbeda dalam bermain Minecraft.

Tutorial bagus juga dibikin oleh HaydzProductionz.










Oya, tampilan atau grafis standar Minecraft bisa diganti lho pake gambar lain dan yang lebih halus. Ganti aja resource pack bawaan dari sananya dengan resource pack lain yang bagus. Gue rekomendasi buat pertama kali sebaiknya kamu pakai resource pack pack bernama "ChromaHills" yang bisa didonlot di sini dan "Soartex Fanver" yang bisa didonlot di sini. Jika suka tampilan ala kartun boleh juga "Sphax PureBDcraft" yang bisa didonlot di sini. Sphax PureBDcraft ini grafisnya sengaja dibuat mirip2 gambar kartun di komik. Texture pack ini salah satu texture pack yang digarap sangat serius dan tersedia di semua resolusi. Kalo RAM kompi kamu 2 GB sebaiknya pakai yang 32x32 atau maksimal yang 64x64 saja. Kalo RAM kompi kamu 4 GB & prosesor dual core atau quad core boleh pakai yang 128x128. Coba saja dulu resolusi tertinggi mana yang sanggup jalan mulus (gak nge-lag alias tersendat) di kompi kamu dan Minecraft gak crash karena memory kurang. Gw main di kompi gw (Intel Core i5 quadcore dg RAM DDR3 4GB) masih mulus pakai yang 128x128 tapi mulai crash pakai yang 256x256 karena RAM kurang. Kalo mau pake yg 256x256 sebaiknya prosesor quadcore dan RAM minimal 8 GB. Pakai texture pack yang 64x64 aja udah halus kok. Bahkan yang 32x32 juga udah asyik ketimbang di resolusi default yg 16x16. Masukkan file resource pack dalam bentuk zip hasil donlot tadi  (jangan diekstrak biarkan saja dalam bentuk zip) ke folder "resourcepacks" tempat game Minecaft di-install. Cara cepat masuk ke folder tempat game Minecraft di-install yaitu: tekan tombol Win (tombol bergambar logo Windows), tahan, lalu tekan "R". Muncul jendela "Run". Ketik: "%appdata%\.minecraft\" (gak pakai tanda petik). Ingat ada titik sebelum "minecraft". Jangan salah ketik ya. Nah sekarang kamu berada di folder tempat game Minecraft di-install. Masukin deh file zip resource pack ke dalam folder "resourcepacks". Beres.


Cara kedua memasang resource pack adalah langsung dari menu utama Minecraft. Cara ini kayaknya lebih gampang deh. Jalankan Minecraft lalu di menu utama klik tombol "Options" lalu di layar berikutnya klik tombol "Resource Packs" lalu di layar berikutnya klik tombol "Open resource pack folder". Seret aja file zip resource pack yg sudah kamu donlot tadi ke dalam layar yang terbuka.Tutup jendela yg terbuka. Klik tombol "Done". Sekarang resource pack yang kamu masukkan ada di daftar "Available Resource Packs" atau jendela sebelah kiri. Supaya resource pack aktif, resource pack itu harus dimasukkan ke jendela sebelah kanan (Selected Resource Packs) yaitu dengan cara klik tanda panah di icon atau logo resource pack itu. Kalo sudah ya tekan tombol "Done" untuk kembali ke menu utama. Selesai.


Supaya Minecraft berjalan optimal terutama di PC spek rendah atau ingin menjalankan Minecraft dengan pengaturan grafis lebih tinggi, sebaiknya pasang OptiFine. Donlot dulu OptiFine di sini. Pilih versi terbaru yang biasanya paling atas. Setelah donlot selesai, kamu akan mendapatkan file dengan ekstensi "jar". Jalankan saja file ini dengan cara klik ganda seperti menjalankan file "exe". Oya, supaya file jar ini dapat dipasang dengan benar, versi Optifine yang kamu donlot harus sama dengan versi Minecraft-nya. Misalnya Minecraft versi 1.8.3 maka Optifine juga harus versi 1.8.3.


Bagaimana kalo kita mau resource pack yang sama dengan resource pack asli dari Minecraft tetapi resolusi lebih tinggi atau terlihat lebih halus gitu? Kamu sebaiknya pakai resource pack "FAITHFUL". Resource pack ini resolusinya 32x32 saja (gak bikin berat kompi yang agak jadul) namun lebih halus ketimbang resource pack bawaan dari Minecraft yang 16x16 dan tampilan grafis tetap sama. Silakan donlot Faithful 32x (Faithful asli) yg dibuat oleh Vattic di sini. Ada juga yang bikin Faithful 64x berdasarkan Faithful 32x yang dibuat oleh Affinite yang bisa didonlot di sini. Bahkan Kalo kamu mau FAITHFUL yg 128x128 atau 256x256 juga ada yaitu FaithfulVenom yg bisa didonlot di sini. Yang juga wajib kamu coba kalo mau resource pack yang mirip aslinya tetapi di resolusi tinggi adalah Minecraft Enhanced 64x atau 128x atau bahkan 256x yang bisa didonlot di sini.

Oya, tidak semua resource pack tersedia untuk Minecraft versi terbaru. Misalnya ketika Minecraft versi 1.8.x sudah keluar, ada beberapa resource pack yang versi terbarunya untuk Minecraft versi 1.7.x. Jadi lihat dulu ya apakah resource pack yang kamu pasang sudah mendukung versi Minecraft yang kamu pakai.

Kalo ditanya saya suka pakai resource pack apa? Terus terang saya lebih suka pakai resource pack yang mirip resource pack asli ("vanilla" istilahnya) tetapi di resolusi 128x atau 256x misalnya FaithfulVenom yang 128x atau Minecraft Enhanced yang 128x selain tentu saja Soartex Fanver yang saat ini hanya ada sampai resolusi 64x.

Sistem elektronik di dalam Minecraft menggunakan Redstone (redstone circuit)

Minecraft itu game yang cocok buat orang-orang kreatif. Bukan cuma kamu bisa bikin rumah atau bangunan yang bentuknya kayak apa aja yang ada di imajinasi kamu, rancangan pertanian dan peternakan yang efisien yang beda sama rancangan teman-teman kamu dan lain-lain, tapi juga kita bisa bikin sistem otomatisasi di Minecraft. Misalnya sistem lampu, memanen gandum otomatis, bikin lift alias elevator buat naik ke tempat yang lebih tinggi, pintu rahasia yang muncul tiba-tiba di tanah ketika sebuah tombol ditekan, dan lain-lain. Silakan lihat di youtube, banyak yang membuat kreasi-kreasi unik yang berguna menggunakan sistem sirkuit atau sistem elektronik redstone, dari yang sederhana yang gampang ditiru oleh pemula sampai yang sangat rumit tetapi canggih. Video tutorial untuk menguasai redstone circuit juga banyak. Di bawah ini contoh beberapa rancangan otomatisasi menggunakan sistem elektronik redstone.


Pertanian gandung otomatis yang dapat menanam lagi sendiri



Elevator (lift)



Membuat pintu dengan tombol (masih termasuk sistem redstone sederhana)


Mau bikin catatan "resep" crafting? Gak perlu..udah ada yang bikinin di sini. :)

Info tentang items atau benda-benda di Minecraft dan resep craftingnya asyik juga lihat di sini.

Mau lihat gambar screenshot para gamer Minecraft atau mau nyumbang screenshot layar kamu? Silakan mampir di sini.

Wikipedianya Minecraft: MinecraftWiki

Portal Minecraft bagus misalnya buat cari resource pack: PlanetMinecraft

Forum khusus obrolan Minecraft: MinecraftForum

Ada yang bikin daftar situs2 tentang Minecraft di sini.

Mau main Minecraft di hape android kamu? Donlot di sini.

Situs resmi Minecraft: Minecraft.net

Majalah PC Gamer (UK) edisi Des 2012 dengan tulisan khusus tentang Minecraft dapat didonlot di sini (high quality PDF). Part 1, part 2.




Selamat bermain. Selamat berkreasi. Have fun.

4 komentar:

Afiq Ilyasa MC Mania mengatakan...

TXQ bro,soalnya aku dah cari kemana mana tp gk bisa..aku dah download JRE nya tp Failed gr gr gk keupdate.oh ya,ini minecraft nya Offline/online?

Hatur nuhun

Alwi Jandon mengatakan...

Offline bisa kok :)

Anonim mengatakan...

Sipp" tentang Minecraftnya, sangat" membantu sekali..

Unknown mengatakan...

gan ada link laen gak minecraft 1.7.2 nya?